pertanian modern di jerman

Selama 60 tahun terakhir, Jerman telah mampu meningkatkan pendapatannya dari pertanian dalam skala besar.
Pertanian di Jerman memiliki peran yang besar bagi masyarakat Jerman. Pertanian di Jerman tidak hanya menjadi penyedia pangan saja, tetapi juga menjaga lingkungan dan budaya bertani bangsa Eropa.
Teknologi modern telah meningkatkan volume panen secara besar-besaran.
Di negara ini identik dengan roti, lebih dari setengah wilayah Jerman digunakan untuk pertanian yang menghasilkan bahan dasar roti.Kontribusi sektor pertanian dan pengolahannya (agri-food) terhadap GNP di Jerman memang hanya 5%. Namun pertanian memiliki peran yang besar bagi masyarakat Jerman. Pertanian di Jerman tidak hanya menjadi penyedia pangan saja, tetapi juga menjaga lingkungan dan budaya bertani bangsa Eropa. Untuk itulah pemerintah Jerman dan Uni Eropa memberi insentif untuk pertanian melalui skema Common Agricultural Policy (CAP).
Secara kasar, 1 dari 8 pekerjaan di Jerman berhubungan dengan sektor agri-food ini. Produktivitas pertanian di Jerman cukup tinggi mengingat, seorang petani Jerman dapat memberi makan 144 orang konsumen. Nilai produksi pertanian di Jerman juga tinggi, yaitu senilai lebih dari 50 milyar euro (Rp 800 trilyun) per tahun. Volume produksinya sekitar 13% dari produksi total Uni-Eropa. Ini menepatkan Jerman di peringkat ke-2 setelah Perancis.
Jumlah petani Jerman kira-kira 380.000 orang dan 90% nya menjadi anggota DBV (Deutsche Bauernverband – Asosiasi Petani Jerman).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *