tank baja modern


Di medan tempur mereka dijuluki monster lapis baja. Tank kelas berat atau main battle tank seringkali jadi ujung tombak pertempuran. Meriam dan senapan mesinnya dengan mudah menghancurkan pertahanan lawan. Ketahanannya membuat kendaraan tempur ini tak mudah dihancurkan.
Setelah puluhan tahun bergantung pada tank ringan macam Scorpion atau AMX, kini TNI AD boleh berbangga mengoperasikan jenis tank kelas berat terbaik di dunia.
Situs www.military-today.com menobatkan tank Leopard seri 2 sebagai salah satu tank kelas berat terbaik di dunia. Yang terbaru dari monster buatan Jerman ini adalah Leopard 2A7.
Indonesia memiliki versi Leopard 2 RI yang merupakan upgrade dari Leopard 2A4. Perbedaannya tak banyak, terutama hanya pada daya jangkau tembakan dan akurasi yang lebih disempurnakan.
Tank Leopard 2 ini dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi.
Bobotnya 62 ton, dipersenjatai dengan meriam kaliber 120 mm dan dua senapan mesin 7,6 mm. Mampu mendaki hingga kemiringan 60 derajat dan melaju hingga 72 km. Tank ini juga memiliki daya jelajah 550 Km.
Dia dilengkapi dengan paket baja komposit baru Advanced Modular Armour Protection (AMAP), yaitu paduan modern bahan nano-keramik, titanium dan baja. Komposisi Armour ini memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap berbagai ancaman termasuk serangan Anti Tank, Ranjau, RPG dan bom rakitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *