tarian tradisional mexico

La Conquista adalah tarian tradisional Meksiko yang, tidak mengherankan, menceritakan kisah penaklukan Spanyol. Penari bertopeng memainkan semua pemain sejarah kunci, dari Hernán Cortés dan La Malinche ke Moctezuma, sebelum menggambarkan kematian yang terakhir di tangan yang pertama. Ini sangat populer di negara bagian barat Michoacán dan Jalisco, dan meskipun itu bukan tarian pribumi, kisah tragis yang digambarkannya lebih penting dari segi sejarah Meksiko.Populer di negara bagian Michoacán adalah Danza de los Viejitos (Dance of the Little Old Men). Secara teknis, tarian ini diciptakan dan dipopulerkan pada abad 20, tetapi akar dan ritmenya berakar kuat dalam tarian rakyat tradisional. Tarian ini terkenal untuk sepatu kayu yang dikenakan oleh para penari, yang tentu saja membuat setiap langkah yang mereka ambil jauh lebih berdampak. Instrumen tradisional dan pakaian adat juga ditampilkan di Danza de los Viejitos, yang sering menemukan dirinya dibandingkan dengan tarian yang sama yang dikenal sebagai Huehuenches atau Huehues.Salah satu tarian ritual Meksiko lainnya adalah Danza del Venado (Rusa Tari), yang menggambarkan kisah berburu rusa dan biasanya dilakukan sekitar musim semi. Berasal dari wilayah Yaqui di Sonora dan Sinaloa, penafsiran tarian yang tidak berubah dan tidak berubah ini sekarang dilakukan di seluruh negeri dan bahkan di beberapa bagian AS. Hal yang luar biasa tentang Danza del Venado adalah bahwa ia dapat dikenali secara instan; penari memakai tanduk asli atau tiruan di kepala mereka dengan aksen pita merah.Los Voladores de Papantla Tarian ikonik lainnya adalah Los Voladores de Papantla, yang dianggap oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda. Bersiaplah untuk ketakutan, karena acara dimulai dengan semua lima peserta menskalakan kutub tinggi 30-meter, yang darinya empat dari mereka kemudian melanjutkan untuk menjatuhkan; satu anggota yang beruntung tetap di atas memainkan seruling dan gendang. Terlampir hanya dengan tali, mereka dengan lembut berputar, berputar dan turun ke tanah, karena rekan senegaranya yang sangat pusing di bagian atas terus memainkan alat musiknya.
Concheros Menampilkan penari yang mengenakan pakaian pribumi, seperti hiasan kepala dan cat tubuh, Concheros sebagian besar adalah tarian asli. Meskipun ada beberapa pengaruh Eropa dalam bentuk lute shell armadillo, instrumen lain yang menyertainya, seperti drum dan seruling, lebih otentik. Anda mungkin mendengar Concheros disebut sebagai Apache, Indios atau Chichimecas juga, tetapi jangan bingung karena semuanya sama.
Danza de los Diablos Tarian yang merupakan kunci untuk memahami warisan Afrika yang sering dikesampingkan oleh negara adalah Guerrero / Oaxaca berbasis Danza de los Diablos. Awalnya dikembangkan selama periode kolonial di mana Spanyol membawa budak-budak Afrika ke pantai Meksiko, Danza de los Diablos menampilkan karakteristik yang sangat unik di kawasan ini. Semua peserta mengenakan topeng dan pakaian kurang lebih sama, dengan pengecualian penari menafsirkan peran Diablo Mayor, yang memiliki pakaian yang lebih elegan.
Matlachines Tarian ini sangat populer dan dilakukan di seluruh bagian utara negara itu, terutama di Zacatecas. Matlachines terutama dikenal karena pakaian berwarna-warni yang dikenakan para penari, termasuk hiasan kepala bulu ayam yang biasanya dicelup untuk mencocokkan warna bendera Meksiko dan, seperti Danza de los Viejitos, sepatu bersol kayu yang membantu menekankan suara setiap langkah. Meskipun Tlaxcala terkadang mengklaim Matlachines, secara umum diterima bahwa tarian itu berasal dari Aguascalientes.
Moros y Cristianos Salah satu dari sedikit tarian non-pribumi yang termasuk dalam panduan tari tradisional Meksiko ini adalah tarian yang disebut tarian Moros y Cristianos. Pertama kali diperkenalkan oleh biarawan, tarian Moros y Cristianos (atau Moor dan Kristen) sekarang biasanya dimasukkan sebagai bagian dari festival yang lebih besar yang mencakup unsur-unsur lain seperti pertempuran bohongan. Semua peserta, apakah mereka bermain Moor atau Kristen, mengenakan jubah dan topeng yang menggambarkan kesetiaan mereka.
Chinelos Sekarang dianggap sebagai simbol keadaan Morelos, meskipun pada awalnya dipraktekkan selama perayaan Karnaval di selatan Mexico City, Negara Meksiko dan Morelos tersebut, tarian ini mengolok-olok Spanyol. Para penari menyamarkan diri (kata itu chinelos Diduga berasal dari bahasa Nahuatl untuk ‘disamarkan’) dan mengambil peran orang Spanyol, meniru pakaian mereka yang rumit, serta pewarnaan yang adil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *